Samsung Galaxy Note Bukan Sekedar Ponsel

Samsung bukanlah yang pertama dalam mengkreasikan perangkat yang satu ini. Adalah Dell yang pertama kali menciptakan smartphone yang mendekati konsep sebuah tablet. Seperti diketahui, perangkat buatan Dell tersebut tidak lah terlalu sukses di pasaran. Konsep ponsel mendekati tablet atau ada juga yang menyebut sebagai smartphone hybrid, kali ini coba diusung Samsung dengan menghadirkan Galaxy Note. Sukseskah?

Galaxy Note adalah smartphone berkonsep tablet. Mengapa demikian? Dikarenakan ukuran layarnya yang cukup masif disertai dengan fungsi tablet. Samsung menyebut Galaxy Note ‘a new kind of smartphone’, dan kemudian vendor Korea Selatan itu menambahkan dalam tag promosinya: ‘Phone? Tablet?’.

Dimensi ukuran Galaxy Note cukup besar untuk sebuah smartphone, sementara untuk disebut sebagai tablet, juga tidak masuk. So, terserah Anda menyebutnya. Dengan bentuk yang candybar yang cukup tipis untuk sebuah ponsel-tablet, disertai dengan layar sentuh berukuran 5,3 inci, Galaxy Note hadir menyemarakkan pasar perangkat mobile berbasiskan Android yang sudah cukup ramai ini. Sayangnya, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman dengan bobotnya yang mencapai 178g.

Meski begitu, untuk urusan tampilan layar, Anda akan merasa terpuaskan. Selain layarnya yang cukup besar, tampilan gambar yang dihasilkan juga salah satu yang terbaik. Ditambah lagi dengan resolusi layarnya yang mampu menghasilkan resolusi WXGA 1280×800 piksel. Dibenamkannya teknologi HD AMOLED pada Galaxy Note menjadikan tampilannya sangat jernih, tajam, dan terang, dalam situasi dan kondisi apapun.

Untuk tidak memberikan kebosanan dalam melakukan kegiatan menggunakan jari, Samsung melengkapi Galaxy Note dengan sebuah perangkat tambahan, yang disebut S Pen. Perangkat ini bisa menjadi alternatif selain penggunaan jari tangan dalam menjelajah setiap fitur maupun fungsi dari Galaxy Note. Selain itu, hasil tulisan atau gambar sketsa gambar dari perangkat ini diklaim Samsung dapat secara akurat dikonversi menjadi karakter digital.

Sementara itu, untuk mendukung platform utamanya, Android Gingerbread, Samsung menambahkan perangkat lunak manajemen antarmuka (user interface) buatannya yang bernama TouchWiz versi 4.0. Meski tidak menggunakan Android terbaru, Ice Cream Sandwich, keberadaan Gingerbread dan TouchWiz 4.0 tetap bisa diandalkan dan mampu dalam menjalankan berbagai kegiatan smartphone maupun komputasi masa kini.

Dan untuk memperkuat kedua perangkat lunak tersebut, Samsung mempercayakan prosesor dual-core berkecepatan 1.4GHz dari ARM. Chipset ini juga dibenamkan chipset grafis 400MP Mali yang diklaim mampu menjalankan sistem grafis tingkat tinggi. Dalam mendukung chipset dual-core tersebut, Samsung menempatkan RAM sebesar 1GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 16GB yang bisa diperluas hingga 32GB menggunakan slot microSD yang tersedia.

Sedangkan untuk fitur kameranya, Samsung menyediakan dua kamera. Yang utama ada dibagian belakang berkapasitas 8MP. Kamera utama ini memiliki fitur-fitur, antara lain auto-focus, LED flash, geo-tagging, dan mampu merekam dan memainkan video dalam format Full HD 1080 (1920 x 1080)@24 atau 30 frames per detik.

Untuk kamera keduanya, Samsung menempatkan kamera berkapasitas 2MP dibagian depan yang bisa digunakan untuk video calls dengan menggunakan aplikasi tambahan, semisal Skype. Selain itu, Samsung Galaxy Note juga diperkuat dengan sistem dan perangkat lunak audio terkini, sehingga mampu mendukung dan memainkan berbagai file musik dengan sangat baik serta menghasilkan suara yang cukup jernih. Boleh dibilang untuk urusan multimedia, Galaxy Note bisa diandalkan, bahkan melebihi dari perkiraan.

Selain fitur dan fungsi multimedia, Samsung juga menyertakan beberapa aplikasi yang dikembangkan sendiri untuk lebih memberikan kepuasan dan pengalaman lebih kepada para pengguna dalam menggunakan Galaxy Note. Aplikasi-aplikasi itu, termasuk didalamnya S Memo, S Planner, dan S Choice, serta sebuah aplikasi untuk memanipulasi gambar/foto, Photo Editor app.

Tersedia pula aplikasi-aplikasi bawaan platform yang berasal dari Google, seperti Gmail, Google Search, Google Maps, GPS, dan terintegrasi dengan situs-situs jejaring sosial populer, semisal Facebook dan Twitter, serta tentu saja Android Market yang bisa Anda gunakan untuk menambah koleksi aplikasi-aplikasi yang tersedia pada Galaxy Note.

Dari sisi konektifitas, Galaxy Note yang berjalan diatas jaringan GSM ini merupakan salah satu yang terlengkap. Disini tersedia berbagai dukungan koneksi terkini yang dibutuhkan pengguna, terutama dalam browsing internet maupun berbagi data, seperti Bluetooth, WiFi, WiFi Direct, jaringan berkecepatan tinggi yang diklaim mampu mendownload (HSDPA) hingga 21 Mbps dan upload (HSUPA) 5.7 Mbps, dan sebuah port audiojack 3.5mm. Oh ya, Galaxy Note juga mendukung jaringan LTE (4G), namun kemungkinan besar untuk yang satu ini Anda tidak terlalu membutuhkanny (saat ini), karena operator jaringan Indonesia belum mengimplementasikannya.

Yang terakhir adalah baterai. Untuk yang satu ini, kita patut memberikan acungan jempol kepada Samsung. Dikarenakan, vendor Korea Selatan itu memberikan Galaxy Note dengan baterai berkapasitas ciamik, Li-on 2,500mAh. Dengan baterai berkapasitas tersebut, bisa dipastikan membuat kegiatan Anda ber-Galaxy Note semakin lama dan menyenangkan. Samsung sendiri membanderol perangkat ini seharga 6 jutaan rupiah.

Kesimpulannya, begitu banyak yang bisa Anda lakukan di Galaxy Note ini, dari mulai kegiatan berponsel sehari-hari, kegiatan komputasi, sampai dengan kegiatan multimedia. Layarnya yang besar, memberikan kepuasan tersendiri bagi para penggunanya. Selain itu, tampilannya yang jernih, tajam, dan terang, memberikan nilai tambah.

Sementara itu, penggunaan fitur-fitur kelas atas, terutama prosesornya yang dual-core, memberikan Galaxy Note kecepatan dan kinerja yang mumpuni. Kamera yang digunakan pun termasuk kelas atas plus fitur-fitur yang melengkapi kamera tersebut memberikan kepuasan dalam penggunaan. Jangan lupa, adanya kamera tambahan sebesar 2MP yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan video calls, meski saat ini untuk jaringan di Indonesia untuk kegiatan video calls masih dalam keterbatasan.

Akan tetapi, bukankah di dunia ini tidak ada yang sempurna. Begitu juga Galaxy Note, meski dilengkapi dengan berbagai fitur dan fungsi yang bakal memuaskan para penggunanya, perangkat tetap memiliki kekurangan, salah satunya adalah ukurannya yang cukup besar dan agak berat. Untuk itu, Anda membutuhkan sebuah tempat untuk membawa Galaxy Note, tidak mungkin Anda menaruhnya di kantong. Ditambah lagi, tentu saja harganya yang bisa membuat kantong Anda bolong (klasik, bukan?).

Spesifikasi:

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/2100/850/1900;
Dimensi: 146.9 x 83 x 9.7 mm;
Bobot: 178 gram;
Layar: 5.3 inci (1280 x 800 piksel) Super AMOLED Capacitive Touchscreen + Gorilla Glass display + Multi-touch Input;
Prosesor: Dual-core 1.4GHz ARM Cortex-A9 processor, Mali-400MP GPU, Exynos chipset;
OS: Android 2.3 (Gingerbread) + TouchWiz UI v4.0;
Kamera: 8MP (3264 x 2448 piksel), Autofocus, LED Flash, Geo-tagging, Face Detection, image stabilization, Video Recording 1080p@30fps;
Kamera Secondary: 2MP;
Memori: 1GB (RAM) + 16GB (Internal), slot microSD (up to 32GB);
Konektivitas: 4G LTE, GPRS/EDGE, WiFI, HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, Bluetooth 3.0, WiFi Direct, port microUSB v2.0, dan Audiojack 3.5mm;
Fitur Lain: S Pen stylus, NFC, Active noise cancellation with dedicated mic, Accelerometer sensor for UI auto-rotate, Proximity sensor, Gyro sensor, A-GPS with GLONASS and barometer sensor, Digital compass, TV-out (via MHL A/V link), Multimedia Player App, Organizer, Image/video editor, Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration, Adobe Flash 10.1 support, Voice memo/dial/commands, Predictive text input, Browser HTML, Radio FM with RDS, Social networking integration, Samsung ChatON, Barometer sensor, Android Market;
Baterai: Li-Ion 2500mAh.

(ydn)
Sumber: CBN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s